Please wait...
IKAPI Jakarta
Jl. Mustika Jaya No.9, Rawamangun - Jakarta 13220
Phone : (021) 47862881
Email : ikapidki@gmail.com

Dinasti

Author: administrator - Post on: 14 Mar 2017


Dinasti




“Kang, apa yang Akang lakukan supaya anak-anak siap melanjutkan bisnis Akang?” Tanya seorang sahabat dalam obrolan sore hari.

“Saya tidak melakukan apa-apa dan tidak menyiapkan anak-anak saya untuk melanjutkan bisnis saya. Saya lebih memilih untuk menyiapkan anak-anak saya untuk mampu berkembang sesuai bakat dan minat masing-masing. Saya percaya bakat dan minat setiap anak unik dan berbeda. Tugas saya sebagai orangtua hanyalah mengoptimalkan potensi anak-anak.” Jawab saya.

Teman itu tidak sepakat. Sebagai pebisnis, dia sangat mengharapkan bisnisnya bisa diwariskan pada anaknya. Bahkan dia berharap bisnisnya bisa bertahan sampai tujuh turunan dan berkembang melintas zaman. Baginya bisnis yang baik adalah bisnis yang membentuk semacam dinasti. Dia pun mencontohkan beberapa perusahaan keluarga kelas nasional dan dunia.

Bahwa bisnis harus bertahan dan berkembang meliwati zaman dan usia hidup sang pendiri saya sangat sepakat. Bisnis haruslah adaptif terhadap perubahan zaman. Dan itu haruslah dikelola oleh para profesional yang memang mumpuni. Kalaupun ada anak saya yang tertarik dengan bisnis saya, anak saya itu haruslah menjadi profesional di bidangnya.

Rasa-rasa saya akan merasa berdosa jika memaksa anak-anak untuk melanjutnya bisnis orangtuanya. Bagi saya, anak-anak memiliki dunianya sendiri, dunia yang pasti tidak sama dengan dunia orangtuanya. Sebab, dunia anak-anak adalah dunia masa depan yang tidak mampu terjangkau oleh orangtuanya. Apalagi di era milenial ini, saat perubahan begitu cepat. Bisnis lama menjadi usang, tergantikan bisnis model baru.

Saya hanyalah ingin anak-anak saya bangga pada orangtuanya. Sama bangganya saya pada orangtua saya yang telah memberi ruang untuk berkembang pada saya. Dengan cara itu saya berharap anak-anak saya akan bergembira dan bahagia menjalani hidupnya. Sebab, itulah fitrah kehidupan. Tabik. (#catatanHK, ngacapruk pagi).


Alamat
IKAPI Jakarta
Jl. Mustika Jaya No.9, Rawamangun - Jakarta 13220
Phone : (021) 47862881
Email : ikapidki@gmail.com
Tentang Kami
Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) adalah asosiasi profesi penerbit satu-satunya di Indonesia yang menghimpun para penerbit buku dari seluruh Indonesia.
Copyright © 2016 Indonesian Publishers Association | Ikatan Penerbit Indonesia